pengantar ekonomi

BAB I
PENGERTIAN DAN FUNGSI EKONOMI
TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM
Setelah mempelajari materi ini mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip ekonomi yaitu bagaimana membuat keputusan, bagaimana orang-orang berinteraksi, bagaimana perekonomian secara keseluruhan bekerja, serta mampu menggunakan dan menerapkan model ekonomi dalam menjelaskan berbagai isu ekonomi.
TUJUAN INSTUKSIONAL KHUSUS
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian ilmu ekonomi dan prinsip-prinsip ekonomi.

  1. Mahasiswa dapat menerapkan model ekonomi untuk menjelaskan bagaimana perekonomian diorganisasikan, dan bagaimana pelaku ekonomi berinteraksi satu denganlainnya.

RINGKASAN MATERI
1.1  Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari perilaku individu dan organisasi yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Tujuan ilmu ekonomi ini adalah untuk meramalkan berbagai peristiwa ekonomi dan untuk membuat berbagai kebijakan yang akan mencegah atau mengoreksi berbagai masalah seperti pengangguran, inflasi, atau pemborosan dalam perekonomian.
Ilmu ekonomi terbagi menjadi ilmu makroekonomi dan ilmu mikroekonomi. Ilmu makroekonomi mempelajari output agregat, kesempatan kerja, dan tingkat harga umum. Makroekonomi merupakan studi tentang perekonomian secara keseluruhan (aggregate) meliputi pendapatan nasional, investasi nasional, produksi nasional, dan sebagainya yang bersifat makro.

Ilmu mikroekonomi mempelajari perilaku ekonomi para pengambil keputusan individual seperti konsumen, pemilik sumber daya, dan perusahaan bisnis. Ilmu mikroekonomi merupakan teori yang mempelajari bagaimana sebuah rumah tangga atau perusahaan secara individu membuat berbagai keputusan ekonomi; merupakan pemecahan dari variabel-variabel ekonomi makro, merupakan teori harga, yang mempelajari sumberdaya yang terbatas jumlahnya sehingga diperlukan adanya suatu alternative.

Masalah Ekonomi:

  • Apa yang harus diproduksi dan berapa banyaknya?

  • Bagaimana memproduksinya?

  • Untuk siapa barang dan jasa diproduksi?
Barang dan Jasa

  • Barang ekonomi dan barang bebas

  • Barang akhir

  • Barang antara (barang yang belum dapat langsung digunakan konsumen  perlu diolah lebih lanjut)

  • Barang Modal (barang yang dibuat untuk menghasilkan barang lain)

Mengapa belajar Ilmu Ekonomi

  • Membantu cara berfikir dalam pengambilan keputusan.

  • Membantu memahami masyarakat

  • Membantu memahami masalah-masalah internasional.

  • Bermanfaat dalam membangaun masyarakat.


    1. Prinsip Ekonomi

Prinsip-prinsip Ekonomi:

  • Bagaimana kita membuat keputusan

  • Bagaimana orang-orang berinteraksi

  • Bagaimana perekonomian secara keseluruhan bekerja




Sepuluh prinsip Ekonomi:

Bagaimana kita membuat keputusan

  1. Kita selalu menghadapi “tradeOff”.

  1. Biaya ialah apa yang anda korbankan untuk  memperoleh sesuatu.

  1. Orang rasional berfikir pada suatu margin.

  1. Kita bereaksi terhadap insentif.

Bagaimana orang-orang berinteraksi

  1. Perdagangan dapat menguntungkan semua pihak.

  1. Pasar secara umum adalah wahana yang baik untuk mengkoordinasikan kegiatan ekonomi.

  1. Pemerintah adakalanya dapat memperbaiki hasil-hasil mekanisme pasar.

Bagaimana perekonomian secara keseluruhan bekerja

  1. Standar hidup di suatu negara tergantung pada kemampuannya memproduksi barang dan jasa.

  1. Harga-harga meningkat jika pemerintah mencetak uang terlalu banyak.

  1. Masyarakat menghadapi tradeoff jangka pendek antara inflasi dan pengangguran.

1.3  Sejarah Perkembangan Ilmu Ekonomi

  • Ilmu Ekonomi sebagai Ilmu Sosial  berhubungan erat dengan tingkah laku manusia.[ Interaksi antara pedagang/pengusaha, konsumen, investors, pemerintah ].

  • Ilmu Ekonomi telah dipelajari sejak 350 S.M zaman Aristoteles.

  • Pendapat-pendapat ilmu ekonomi dikemukakan sarjana terdahulu seperti :

–   Prancois Quesnay 1765, dalam bukunya ”tabluau economique”
– Colbert 1774, yang terkenal merkantilismenya yang menganggap perdagangan adalah unsur pokok perekonomian masyarakat.

– Adam Smith 1776, yang terkenal dgn bukunya “An Inquiry into the Nature and Causes of the wealth of nation”.

– J.M. Keyness 1936, bukunya “The General Theory of Employment, Interest and Money”

  • Bidang ekonomi terbentuk sebagai satu bidang Ilmu Pengetahuan setelah 1776 (Adam Smith)

  • Pandangan Adam Smith: kesejahteraan dapat dicapai tanpa campur tangan pemerintah (Market mechanism, Invisible hand). Pandangan ini dikenal dengan Kelompok klasik yang menjadi dasar microeconomics

  • Pendapat J.M. Keynes: dalam kegiatan perekonomian perlu campur tangan pemerintah. Pemikirannya menjadi dasar macroeconomics

  1. Macam Kegiatan Ekonomi

    1. Kegiatan Produksi

    1. Kegiatan Distribusi

    1. Kegiatan Konsumsi



  1. Model Ekonomi

    1. Diagram Aliran-Sirkuler

    1. Batas Kemungkinan Produksi



Apa itu Faktor Produksi?

  • Labour (tenaga kerja)- bukan sekedar jumlah orang, juga termasuk waktu manusiayang digunakan untuk bekerja, atau untuk proses produksi, dengan segala keragaman keahlian mereka.

  • Land (lahan)- bukan hanya sekedar sebidang tanah, mencakup juga hal-hal yangterkandung di dalamnya dan di atasnya yang menyebabkan manusia dapat memproduksi sesuatu dengan menggunakan semua yang ada di alam (termasuk biji logam,minyak mentah,kesuburan tanah, dan bahan baku lainnya)

  • Capital (modal)- sebagai sarana produksi (bangunan, mesin,kendaraan angkutan,peralatan pertukangan, dllnya)

Timbul pertanyaan:

Apa dan berapa jumlah output produksi?

Bagaimana cara memproduksinya? - yaitu teknik apa yang digunakan untuk mengkombinasikan berbagai macam faktor produksi menjadi keluaran tertentu Untuk siapa keluaran tersebut dibuat dan bagaiman cara mendistribusikannya?
Konsep Production Possibility Frontier (model Batas Kemungkinan Produksi)

  • Produksi tergantung pada faktor produksi (sumber daya yang ada) dan teknologi.

  • Produsen harus memutuskan seberapa banyak sumberdaya mereka yang terbatas untuk menghasilkan produksinya (misalnya dibatasi 2 jenis output produksi - contoh: bisa memproduksi kain dan mobil.

Contoh Batas Kemungkinan Produksi komputer dan mobil:

1.6  Pengertian-Pengertian Dasar dalam Ilmu Ekonomi

a.  Analisis Ekonomi

Analisis normatif: menganalisis ekonomi kemakmuran (welfare economics) berdasarkan kerangka analisis yang melihat suatu permasalahan berdasarkan apayang seharusnya terjadi. (misal pengangguran harus rendah, distribusi pendapatanharus merata, seharusnya tidak ada rakyat miskin, dsb)

Analisa positif: melihat permasalahan pada apa yang sesungguhnya terjadi dalam perekonomian. (misal tingkat pengangguran di Indonesia tahun 2007 adalah 40 juta jiwa)

b.  Barang Ekonomi dan Barang Bebas

Barang ekonomi yaitu barang yang untuk mendapatkannya memerlukan pengorbanan (harga).

Barang bebas utk mendapatkannya tidak memerlukanpengorbanan.

c.  Analisis Ekuilibrium Parsial dan Analisis Ekuilibrium Umum

Analisis ekuilibrium parsial membahas pasar secara individu dalam pembentukan harga dan jumlah barang dan jasa (mikro ekonomi)

Analisis ekuilibrium umum membahas perilaku pasar secara umum dan saling berhubungan dalam satu sistem perekonomian (makro ekonomi)
1.7  Jenis Organisasi Sistem Ekonomi

a.  Perekonomian Tradisional

Barang yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan sendiri (produsen sekaligus konsumen).

Rendahnya produktivitas (teknologi sederhana).

Kegiatan ekonomi diatur berdasar kebiasaan dan adat istiadat.

b.  Perekonomian Pasar

Ada pemisahan yang jelas antara produsen dan kosumen.

Pasar merupakan faktor utama yang menentukan jenis dan kapasitas kegiatan di masyarakat.

Identik dengan perekonomian kapitalis (free fight liberalism).

c.  Perekonomian Perencanaan Terpusat

Kebalikan dari perekonomian pasar, pemerintah sangat dominan dalam menentukan jenis dan jumlah barang yang dihasilkan.

Pemerintah dapat mendistribusikan sumber-sumber ekonomi kepada seluruh masyarakat secara lebih merata (secara teoritis).

d.  Perekonomian Campuran

Pemerintah campur tangan dalamkegiatan ekonomi, serta perseorangan diberi kebebasan untuk untuk melakukan kegiatan ekonomi dan menguasai faktor produksi sesuai mekanisme pasar.

1.8  Ukuran Ekonomi Makro

Keberhasilan suatu negara mengelola ekonominya secara makro diukur oleh tiga parameter:

  1. Output Nasional PDB (nominal vs riil, nilai vs pertumbuhan, pertumbuhan vspemerataan, aktual vs potensial).

  1. Tingkat pengangguran pengangguran menyebabkan tidak tercapainya outputmaksimum.

  1. Stabilitas Harga laju inflasi, indeks harga konsumen


1.9  Komponen Ekonomi Makro





1.10 Ketergantungan dan Keuntungan Perdagangan

Pengertian Keunggulan absolut

Biaya Oportunitas dan Keunggulan Komparatif

Keunggulan Komparatif dan Perdagangan.

Contoh 1-1: Kasus peternak dan petani (sumber: buku referensi)

Bayangkanlah bahwa di suatu daerah hanya ada dua barang dalam perekonomian ini – yakni daging dan kentang. Serta hanya ada dua orang saja yaitu seorang peternak dan seorang petani—Kedua orang tersebut mengkonsumsi daging dan kentang.

  1. Jika masing-masing membagi tugas secara jelas – peternak hanya memproduksi daging; petani hanya memproduksi kentang. Bila tanpa perdagangan masing-masing harus puas dengan mengkonsumsi hasil produksi masing-masing. Dengan perdagangan(pertukaran) masing-masing dapat mengkonsumsi baik kentang maupun daging.

  1. Masalahnya menjadi rumit jika kedua-duanya sama-sama mampu memproduksi kedua jenis barang yang sama. Si petani mampu memproduksi kentang dengan biaya yang sangat rendah, karena memang itu keahliannya. Namun ia tidak terlalu pintar beternak

sehingga biaya produksi dagingnya sangat mahal. Demikian pula, si peternak dapat memproduksi daging dengan biaya rendah, namun ia harus menanggung biaya tinggi
untuk memproduksi kentang. Dalam kasus ini, keduanya akan segera menyadari bahwa dengan perdagangan keduanya akan sama-sama memetik keuntungan.

  1. Masalahnya akan tambah rumit jika ternyata ada salah satu pihak yang mampu memproduksi setiap jenis barang baik itu daging maupun kentang secara lebih baik daripada pihak lain. Kebetulan saja si peternak memiliki tanah yang lebih subur dan banyak rumputnya, sehingga ia bisa menghasilkan kentang dan daging lebih banyak dan murah daripada si petani yang tanahnya tandus. Dalam situasi seperti ini, bukankah si peternak akan lebih sejahtera jika ia hidup terpisah dari si petani? Masih adakah alasan yang membuat si peternak perlu berdagang dengan si petani?


Analisis:

Kemungkinan-kemungkinan Produksi. Andaikan petani dan peternak masing-masing memiliki waktu kerja 40 jam per minggu. Keduanya bisa memanfaatkan waktu yang tersedia hanya untuk memproduksi kentang saja, memproduksi daging saja, atau memproduksi kentang dan daging sekaligus.

Meskipun kedua kurva batas-batas kemungkinan produksi itu bermanfaat karena dapat menggambarkan tradeoff yang dihadapi petani dan peternak, namun kurva-kurva itu tidak dapat menunjukkan pilihan yang sesungguhnya diambil oleh si petani maupun si peternak. Untuk mengetahui pilihan keduanya kita perlu mengetahui selera atau preferensi maing-masing.

Andaikan saja mereka memilih berkonsumsi pada titik A (petani) dan titik B (peternak). Artinya, si petani memproduksi dan mengkonsumsi 2 kg kentang dan 1 kg daging per minggu, sedangkan si peternak 2,5 kg kentang dan 20 kg daging.

Setelah sekian tahun lamanya berproduksi dan berkonsumsi di titik B, suatu ketika si peternak mendapat sebuah ide dan ia segera menghubungi si petani:

Peternak: ”Hai petani teman baikku, aku punya ide bagus untuk kita berdua. Aku tahu cara untuk meningkatkan kesejahteraan kita. Kukira kau berhenti saja memproduksi daging sama sekali, dan curahkan seluruh waktumu untuk memproduksi kentang. Menurut perhitunganku, jika kau bekerja penuh 40 jam seminggu,kau dapat menghasilkan 4 kg kentang. Jika kau mau memberikan 1 kg kentang itu untukku, sebagai imbalannya akan kuberi kau 3 kg daging. Jadi, kau dapat menikmati 3 kg kentang dan 3 kg daging setiap minggunya, dan itu lebih baik daripada 2 kg kentang dan 1 kg daging seperti yang kau produksi selama ini. Jika kau mau melaksanakan rencanaku, maka kau bisa mengkonsumsi daging maupun kentang lebih banyak. (peternak memperlihatkan gambar----)

Petani: (masih kelihatan agak sangsi) “Gagasanmu itu memang nampak menguntungkan bagiku. Tetapi aku tidak mengerti, mengapa kau mau repot-repot menawarkannya kepadaku. Apa untungnya buatmu?”
Peternak: “Oh aku juga akan untung, jika aku menggunakan 24 jam kerja untuk mengurus ternak dan 16 jam sisanya untuk menanam kentang, maka aku akan memperoleh 24 kg daging dan 2 kg kentang. Setelah 3 kg daging kuberikan padamu dan aku mendapatkan 1 kg kentang darimu, maka aku memiliki 21 kg daging dan 3 kg kentang. Jadi akupun akan memiliki lebih banyak daging dan kentang daripada sebelumnya”. ( si peternak menunjukgambar grafik)

Petani: ”Bagaimana, ya... Sepertinya pengaturan ini terlalu bagus untuk menjadi kenyataan”.

Peternak: ”Sebetulnya ini tidaklah serumit kesan pertamanya. Ini, aku sudah merangkum usulanku kepadamu dalam bentuk sebuah tabel” (peternak menunjukkan salinan tabel).

Petani: (setelah sama-sama menyimak angka-angka dalam tabel tersebut) ”Perhitungan ini kelihatannya sudah benar. Tetapi aku agak bingung, bagaimana pengaturan ini bisa meningkatkan kesejahteraan kita berdua”?

Peternak: ”Kita berdua bisa sama-sama untung karena perdaganagn memungkinkan kita melakukan spesialisasi atas apa yang paling baik dapat kita kerjakan. Kau dapat mencurahkan waktu lebih banyak untuk menanam kentang dan mengurangi waktu untuk beternak, sedangkan aku dapat menambah waktu untuk mengurus ternak dan mengurangi waktu mengurusi kentang. Berkat spesialisasi dan perdagangan ini, masing-masing dari kita akan dapat menikmati daging dan kentang lebih banyak tanpa harus menambah jam kerja”.

Dari ilustrasi kasus peternak dan petani tersebut dapat diambil suatu pemahaman tentang keunggulan absolut, biaya oportunitas atau keunggulan komparatif.

Keunggulan absolut

Peternak dapat menghasilkan 1 kg kentang dalam waktu Peternak mampu menghasilakn 1 kg daging dalam waktu 1 jam, sedangkan si petani perlu waktu 20 jam.

Si peternak memiliki keunggulan absolut dalam memproduksi baik itu kentang maupundaging.

Biaya Oportunitas dan Keunggulan Komparatif

Biaya oportunitas adalah segala sesuatu yang harus dikorbankan dalam rangka memperoleh sesuatu.

Berapa biaya oportunitas memproduksi kentang maupun daging bagi masing-masing si petani dan si peternak.

Bagi Peternak: produksi 1 kg kentang perlu waktu 8 jam, bila 8 jam dipakai produksidaging menghasilakn 8 kg. artinya biaya oportunitas memproduksi 1 kg kentangadalah 8 kg daging.

Bagi Petani: produksi 1 kg kentang perlu waktu 10 jam, bila 10 jam dipakaimemproduksi daging menghasilkan ½ kg. artinya  biaya oportunitas memproduksi 1kg kentang adalah ½ kg daging.

Demikian juga untuk produksi daging--- bagi peternak biaya oprtunitas produksi 1 kg daging adalah 1/8 kg kentang; bagi petani biaya oportunitas produksi 1 kg daging adalah 2 kg kentang.

Para ekonom menggunakan istilah keunggulan komparatif untuk menyebut biaya oportunitas bagi kedua produsen tersebut.

Produsen yang mempunyai biaya oportunitasnya paling kecil dalam menghasilkan suatu barang, (yakni yang lebih sedikit mengorbankan barang lain, untuk memproduksi barang yang dimaksud) dikatakan sebagai produsen yang memiliki keunggulan komparatif dalam produksi barang tersebut.
EVALUASI
Latihan:

  1. Masalah apa saja yang terkait dengan studi dalam ilmu ekonomi?

  1. Apa perbedaan antara pernyataan positif dan normative dalam analisis ekonomi?
  2. Gambar dan jelaskan batas kemungkinan produksi untuk suatu perekonomian yang memproduksi susu dan roti. Apa yang terjadi terhadap batas kemungkinan produksi jika suatu penyakit membunuh setengah dari populasi sapi pada perekonomian tersebut?

  1. Perlihatkan sebuah titik yang mustahil dicapai oleh perekonomian. Perlihatkan pula sebuah titik yang mungkin dicapai namun tidak efisien.

  1. Berikan sebuah contoh yang dapat menunjukkan bahwa seseorang memiliki keunggulan absolute dalam melakukan sesuatu, namun ada orang lain yang memiliki keunggulan komparatifnya.

  1. Gambar dibawah ini menampilkan batas kemungkinan produksi untuk makanan dan pakaian .

    1. Berapakah biaya oportunitas untuk meningkatkan produksi makanan dari 0 menjadi 2 juta unit, dari 2 juta menjadi 4 juta unit, dan dari 4 juta menjadi 6 juta unit?

    1. Apakah yang terjadi pada biaya oportunitas peningkatan produksi makanan dari 0 menjadi 6 juta unit?

    1. Jelaskan mengapa bentuk batas kemungkinan produksi menyiratkan peningkatan biaya produksi pakaian?



























BAB II
PERAN PEMERINTAH DALAM BIDANG EKONOMI

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa mampu menjelaskan sistem perekonomian negara serta peran pemerintah dalam mekanisme pasar, dan memahami dari mana saja sumber penerimaan negara.

TUJUAN INSTUKSIONAL KHUSUS

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang mekanisme pasar dan peran pemerintah.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem ekonomi negara serta sumber-sumber penerimaan Negara.

RINGKASAN MATERI

2.1  Pendahuluaan

Terdapat tiga pertanyaan penting dlm perekonomian:

  1. Keluaran apa dan jumlah berapa yang perlu diproduksi?

  1. Bagaimana cara memproduksinya, yaitu teknik apa utk mengkombinasikan berbagaifaktor produksi menjadi keluaran tertentu.

  1. Untuk siapa keluaran tsb dibuat dan bagaimana cara mendistribusikannya.
Pertanyaan pertama berkaitan dengan masalah Permintaan permintaan masyarakat Pertanyaan kedua berkaitan dengan Penawaran sektor produksi














Sistem Pasar yang mengandalkan konsep permintaan dan penawaran untuk menyelesaikan 3 masalah ekonomi digambarkan seperti berikut:

2.2  Pasar dan peran Pemerintah
Pasar

  • Pengertian umum: Merupakan tempat para pembeli dan penjual berinteraksi menentukan harga dan mengadakan pertukaran barang dan jasa.
  • Pengertian modern: Adalah sebuah mekanisme yang melaluinya para pembeli dan para penjual berinteraksi untuk menentukan harga dan melakukan pertukaran barang dan jasa.

Harga :
  • Harga mengkoordinasikan keputusan-keputusan para produsen dan konsumen dalam sebuah pasar.
  • Harga-harga yang lebih tinggi cenderung mengurangi pembelian konsumen dan mendorong produksi.
  • Harga-harga yang lebih rendah mendorong konsumsi dan menghambat produksi. Harga adalah penyeimbang dari mekanisme pasar.

2.3  Jenis Sistem Ekonomi

  • Sistem Ekonomi Pasar.
  • Sistem Ekonomi Terpimpin / Terpusat.
  • Sistem Ekonomi Campuran.

Sistem Ekonomi Pasar: Keputusan untuk menetapkan produk yang dibuat, berapa banyak,dan bagaimana mendistribusikannya ditetapkan oleh pasar itu sendiri. Jadi mekanisme pasar, penawaran, dan permintaan terhadap setiap hal yang diperdagangkan tergantung pada kebutuhan masing-masing pihak yang melakukan transaksi.

Sistem Ekonomi Terpimpin/Terpusat: Segala sesuatu yang diproduksi, baik jumlah maupunkualitasnya, serta distribusinya diatur oleh pemerintah pusat.

Sistem Ekonomi Campuran: Pemerintah ikut campur dalam pengaturan beberapa hal-berfungsi sbg regulator, memastikan para pelaku ekonomi berperilaku sehat, bersaing dengan baik, sehingga faktor produksi dimanfaatkan seoptimum dan seproduktif mungkin.

2.4  Peran Pemerintah

Kenapa Peran Pemerintah Diperlukan? Karena terjadinya Kegagalan Ekonomi Pasar:

  • Inefisiensi => monopoli, eksternalitas (side effect), barang publik.

  • Ketidakadilan=> ketidak adilan yang tidak dapat diterima menyangkut pendapatan dan kekayaan.

  • Masalah makroekonomi=> siklus bisnis (inflasi dan pengangguran), pertumbuhan ekonomi yang lamban.

Untuk menanggulangi masalah tersebut pemerintah berkewajiban:

1  Mengurangi Inefisiensi

  • Pemerintah berkepentingan untuk membuat undang-undang anti monopoli di Indonesia ada KPPU
  • menetapkan berbagai perundangan, misal berkaitan dengan polusi, pencemaran lingkungan, fasilitas kesehatan masyarakat, dsb.
  • Peran pemerintah juga sangat diperlukan; bisa dengan cara subsidi kepada produsen atau konsumen

2  Menghindari Ketidak-adilan

Pemerintah dituntut aktif untuk mengupayakan bukan saja pertumbuhan ekonomi yang tinggi juga pemerataannya.

3  Solusi Masalah makroekonomi

    • Pemerintah dituntut secara aktif turun tangan pada saat ekonomi mengalami stagnasi, bahkan depresi turun tangan sebagai pelaku ekonomi, bila sudah normalkembali sebagai regulator.

    • Pemerintah dapat menggunakan kebijakan fiskal (pajak, dan pembelanjaannya), serta kebijakan moneter (suku bunga dan syarat-syarat kredit).

Peran nyata Pemerintah dalam perekonomian

    • Menyediakan sarana/prasarana yang tidak dapat dilakukan oleh swasta (mis: aparat keamanan)
    • Side effect, meminimalkan hal-hal buruk dan memaksimalkan yang baik. Memberikan pedoman/arahan (wajib belajar, KB, obat terlarang, dll) Menolong yang lemah dan miskin
    • Pemerintahan yang stabil

Kondisi Pemerintahan yang stabil:

  • Hanya dapat dicapai bila kondisi ekonomi juga stabil/membaik; tetapi yang lebih penting adalah kalau Adil.
  • Tingkat pengangguran minimum (lapangan pekerjaan terpenuhi) Kebutuhan masyarakat terpenuhi, didorong agar tidak hedonisme Inflasi rendah (dibawah 5%/tahun)

2.5  Sumber Penerimaan Negara

Sumber Penerimaan Negara terdiri dari Pajak dan Bukan Pajak

  • Penerimaan Pajak:
  • Pajak dalam negeri
    • Pajak perdagangan internasional
    • Penerimaan negara bukan pajak
    • Penerimaan sumber daya alam
    • Bagian laba BUMN
    • Penerimaan negara bukan pajak lainnya

    • Pajak dalam negeri:
    • Pajak Penghasilan (PPh)
    • Pajak pertambahan nilai barang dan jasa dan Pajak penjualan atas barang mewah (PPN/PPnBM)
    • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)
    • Cukai , dan Pajak lainnya
    • Pajak Perdagangan Internasional:
  • Bea masuk
  • Pajak/pungutan ekspor
    • Penerimaan Sumber Daya Alam
  • Minyak bumi
    • Gas alam
    • Pertambangan umum
    • Kehutanan dan perikanan
    • Penerimaan negara bukan pajak:
Pendapatan penjualan, sewa, jasa, kejaksaan dan peradilan, pendidikan, dll

Beberapa prinsip dasar pajak

Netralitas (obyektivitas)

Nonnetralitas

Simplicity (sederhana)

Equity (keadilan)


Netralitas (obyektivitas) misalnya perhitungan pajak STNK berdasarkan CC dan tahunpembuatan, bukan atas warna atau merek.

Nonnetralitas untuk mengarahkan hal-hal yang baik, misalnya pajak tinggi untuk industriberpolutan tinggi, pajak rokok tinggi, agar keinginan merokok turun.

Simplicity (sederhana), cara perhitungan, kolom pengisian pajak, hendaknya mudah danjelas

Equity (keadilan), untuk pemerataan, fasilitas umum, yang dapat dinikmati bersama-sama





Contoh pajak
  • PBB, Pajak Bumi dan Bangunan
  • PPH, Pajak Penghasilan, Badan dan Perorangan
  • PKB, Pajak Kendaraan Bermotor
  • PPN, Pajak Pertambahan Nilai, (di Restoran)
  • Pajak Pembeli dan Penjual untuk jual beli tanah

EVALUASI
Latihan:
  1. Jelaskan apa fungsi pasar hubungannya dengan harga!
  2. Mengapa diperlukan campur tangan pemerintah dalam mekanisme pasar?
  3. Apa saja sumber pendapatan negara?
  4. Coba saudara amati, berapa prosen penerimaan pajak dibandingkan total pendapatan negara pada APBN tahun terakhir.



















BAB III
KONSEP PERMINTAAN DAN PENAWARAN

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem pasar dan persaingan, Konsep Permintaan dan Penawaran.

TUJUAN INSTUKSIONAL KHUSUS
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem pasar dan persaingan .
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Skedul & kurva Permintaan dan Penawaran; Pergeseran kurve vs pergerakan sepanjang kurve.
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang harga dan kuantitas ekuilibrium.

RINGKASAN MATERI

3.1 Pasar dan Persaingan
Pasar (market) adalah sekumpulan pembeli dan penjual barang atau jasa tertentu. Para pembeli sebagai sebuah kelompok yang menentukan permintaan terhadap produk, dan para penjual sebagai kelompok menentukan penawaran terhadap produk.
Pasar kompetitif (competitive market) adalah pasar yang terdiri dari banyak sekali pembeli dan penjual sehingga pengaruh masing-masing terhadap harga pasar dapat diabaikan karena sedemekian kecilnya.

Persaingan: sempurna dan tidak sempurna.
Karakteristik persaingan sempurna barang-barang yang ditawarkan semuanya sama, dan pembeli dan penjual sedemikian banyaknya sehingga tidak ada seorang pembeli atau penjual pun yang dapat mempengaruhi harga pasar.

3.2 Permintaan
Istilah Permintaan (demand) dan Penawaran (supply) merujuk pada perilaku orang ketika mereka berinteraksi satu sama lain di sebuah pasar.
Permintaan: menggambarkan Jumlah barang yang ingin dan mampu dibeli oleh pembeli



Faktor yang mempengaruhi Permintaan

Qx = f(Px, Py, I, T, E, Pop, Promosi)

Px = harga barang X

Py = harga barang lain (y) terkait

I = Income

T = Selera

E = ekspektasi harga barang (x) yang akan datang

Pop = populasi penduduk

Penjelasan:

  • Harga barang itu sendiri.

Mengikuti Hukum permintaan kuantitas yang diminta menurun ketika harga sebuah barang meningkat dan sebaliknya. (dengan menganggap hal lainnya tetap -”ceterisparibus”).

Kasus pengecualian dari Hukum Permintaan:

    1. Barang yang memiliki unsur spekulasi (emas, saham, tanah)

    1. Barang luxury atau prestise (mobil mewah, benda seni tinggi, benda kuno, dll sejenis).

    1. Barang giffen (harga turun permintaan turun) akibat efek (-) pendapatan lebih besar dari efek (+) substitusi.

  • Harga barang lain yang berkaitan.

Untuk barang substitusi dua barang dimana peningkatan harga barang pertama mendorong peningkatan dalam permintaan terhadap barang kedua. Contoh: tiket KA dan jasa angkutan lain.

Untuk barang komplemen dua barang dimana peningkatan harga barang pertama mendorong penurunan dalam permintaan barang lainnya. Contoh: gula dan kopi; komputer dan softwarenya; bensin dan mobil.

  • Pendapatan.

Untuk Barang Normal, jika pendapatan meningkat akan mendorong peningkatan terhadap permintaan barang tersebut, dan sebaliknya dengan menganggap hal lainnya tetap. Sedangkan untuk Barang Inferior, jika pendapatan meningkat akan menimbulkan penurunan terhadap kuantitas barang yang diminta tersebut, dengan menganggap hal lainnya tetap. Contoh: kendaraan angkutan umum; warung nasi tegal.

  • Selera

Penentu yang paling jelas terhadap permintaan adalah selera. Jika anda menyukai suatu barang/makanan tertentu, maka anda akan membeli lebih banyak barang tersebut.

  • Ekspektasi

Ekspektasi atau perkiraan anda mengenai masa mendatang dapat mempengaruhi permintaan anda terhadap barang atau jasa saat ini.
  • Jumlah penduduk
  • Promosi


Perubahan jumlah yang diminta vs Perubahan permintaan:

  • Perubahan jumlah yang diminta terjadi sepanjang kurva (the move along curve) yangdisebabkan oleh perubahan harga barang.

  • Perubahan permintaan disebabkan oleh perubahan faktor lain selain harga,  terjadi pergeseran kurva naik atau turun (shifting curve)


3.3  Penawaran

Penawaran: Jumlah barang yang ingin ditawarkan (dijual) produsen pada berbagai tingkat harga selama periode tertentu.

Faktor yang mempengaruhi penawaran:
  1. Harga-harga faktor produksi
  2. Harga barang terkait
  3. Harga barang itu sendiri (Px). Hukum Penawaran mengatakan bahwa dengan menganggap hal lainnya tetap, kuantitas barang yang ditawarkan akan meningkat ketika harga barang tersebut meningkat.
  4. Teknologi
  5. Ekspektasi



3.4 Harga dan Kuantitas Keseimbangan

Harga keseimbangan (ekulibrium) adalah harga di mana baik konsumen maupun produsen sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dan dijual.Permintaan sama dengan penawaran. Jika harga di bawah harga keseimbangan, terjadi kelebihan permintaan. Sebaliknya jika harga melebihi harga keseimbangan, terjadi kelebihan penawaran. Jumlah penawaran meningkat, jumlah permintaan menurun.















Pada titik ekuilibrium, kuantitas yang diminta sama dengan kuantitas yang ditawarkankuantitas yang ingin dibeli seseorang sama persis dengan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen.














Surplus (Kelebihan penawaran) : suatu keadaan dimana kuantitas yang ditawarkan lebih besar daripada kuantitas yang diminta.







   

Kekurangan (shortage) = Kelebihan Permintaan : suatu keadaan dimana kuantitas yang dimintalebih besar daripada kuantitas yang ditawarkan.





EVALUASI
Latihan:

  1. Kasus pasar mobil sedan

Permintaan: Qd = 200 – 10P; Penawaran: Qs = -40 + 5P

dimana: Qd, Qs = ribu unit per tahun; P = puluh juta rupiah per unit. Ditanyakan : Keseimbangan pasar?

  1. Kasus pasar gabah.

Permintaan: Qd = 2000 – 3P; Penawaran: Qs = -500 + 2P

dimana: Qd, Qs = ribu ton per musim; P = ratus ribu rupiah per ton. Ditanyakan :

    1. Keseimbangan pasar?

    1. Bila pemerintah berniat menambah jumlah gabah dengan menetapkan harga dasar 600 ribu rupiah per ton, apa yang terjadi pada pasar gabah tersebut. Apa upaya pemerintah untuk menangulangi hal tersebut?

  1. Kasus pasar tenaga kerja.

Permintaan: Qd = 20000 – 6P; Penawaran: Qs = -5000 + 4P dimana: Qd, Qs = jiwa per bulan.

P = upah per hari.(Rp )

Ditanyakan :

    1. Keseimbangan pasar?

    1. Bila pemerintah menetapkan upah minimum 30 ribu rupiah per hari, apa yang terjadi terhadap angkatan kerja (pengangguran)?





BAB IV
KONSEP ELASTISITAS

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa mampu memahami Konsep Elastisitas permintaan dan penawaran serta dapat mengaplikasikannya dalam kasus-kasus perekonomian.

TUJUAN INSTUKSIONAL KHUSUS

1    Mahasiswa mampu menghitung elastisitas harga dari permintaan, elastisitas pendapatan dari permintaan, elastisitas silang dari permintaan.

  1. Mahasiswa mampu menghitung elastisitas harga dari penawaran dan determinan-determinannya.

3. Mahasiswa mampu mengaplikasikan Konsep Penawaran, Permintaan, dan Elastisitas dalam kasus-kasus perekonomian
RINGKASAN MATERI

4.1  Pengertian Elastisitas
Teori permintaan dan penawaran dapat digunakan untuk menjawab banyak sekali pertanyaan praktis. Apabila pajak baru dikenakan terhadap bahan bakar minyak, apakah para pengemudi memikul beban pajak itu ataukah dibebankan pada perusahaan-perusahaan minyak? Apakah peningkatan upah minimum membantu para buruh atau merugikan mereka? Apabila sebuah maskapai penerbangan menurunkan harga tiketnya,
apakah jumlah penumpang akan meningkat sedemikian banyak sehingga penghasilan benar-benar meningkat?

Supaya penawaran dan permintaan menjadi sebuah alat yang benar-benar bermanfaat, perlu mengetahui berapa banyak penawaran dan permintaan akan memberikan tanggapan terhadap perubahan harga? Beberapa pembelian yang peka terhadap perubahan harga contohnya perjalanan liburan, sedangkan yang kurang peka terhadap perubahan harga diantaranya kebutuhan pokok berupa makanan, listrik, gas.

Hubungan kuantitatif antara harga dan kuantitas yang dibeli dianalisis dengan menggunakan konsep elastisitas.

4.2 Elastisitas Permintaan

Elastisitas Permintaan adalah perubahan relatif dalam jumlah unit barang yang dibeli sebagai akibat dari perubahan salah satu faktor yang mempengaruhinya.

  • Elastisitas yang dikaitkan dengan harga barang itu sendiri disebut elastisitas harga.

  • Elastisitas yang dikaitkan dengan harga barang lain disebut elastisitas silang.

  • Elastisitas yang dikaitkan dengan pendapatan disebut elastisitas pendapatan.

1. Elastisitas Harga

Elastisitas Harga (Ed) adalah persentase perubahan jumlah permintaan yang disebabkan oleh persentase perubahan harga.
  • Koefisien elastisitas (Angka elastisitas) harga bernilai negatif.

  • Ed = -2 mempunyai arti permintaan terhadap barang itu naik 200%, bila harga barang turun 100%, ceteris paribus. (dan sebaliknya).

  • Angka Ed dapat disebut dalam nilai absolut. Ed = 2, artinya Ed = -2.

  • Semakin besar nilai Ed, semakin elastis permintaannya, sebab perubahan permintaan jauh lebih besar dibanding perubahan harga.

Beberapa kemungkinan tingkat elastisitas permintaan seperti kurva di bawah ini:
Metode pengukuran Koefisien Elastisitas:

  • Elastisitas Titik (point elasticity) titik A  B; B  A

  • Elastisitas Busur (Arc elasticity) busur C D
    Faktor-faktor yang menentukan Elastisitas Harga:

  • Tingkat substitusi  makin sulit mencari substitusi suatu barang, permintaan makin inelastic, contoh: beras inelastis; garam inelastis sempurna.

  • Jumlah pemakai  makin banyak pemakai makin inelastic, contoh: beras sebagai makanan pokok orang indonesia.

  • Proporsi kenaikan harga terhadap pendapatan konsumen  makin besar proporsinya, makin elastic, contoh: garam vs TV

  • Jangka waktu  tergantung barangnya durabel atau nondurabel

2.  Elastisitas Silang

Elastisitas Silang adalah kecenderungan perubahan permintaan suatu barang tertentu disebabkan terjadi perubahan harga barang lain.
Persamaannya sebagai berikut:
Elastisitas silang dapat menunjukkan hubungan 2 macam barang (komoditi) yang sifatnya;

  • Substitusi, dengan Ec > 0. daging sapi vs daging ayam.

  • Komplementer, dengan Ec < 0.  bahan bakar minyak dg mobil

  • Barang yang tidak saling berhubungan (netral)

3.  Elastisitas Pendapatan

Elastisitas Pendapatan adalah kecenderungan perubahan permintaan yang disebabkan oleh perubahan pendapatan masyarakat.

Misalnya, jika penghasilan konsumen meningkat 10% permintaan barang X meningkat sebesar 15%. Koefisien elastisitas pendapatan terhadap permintaan barang X adalah:

Pada umumnya Barang Normal eI positif; Barang Superior eI positif; Barang Inferior eI negatif

4.3  Elastisitas Penawaran

Elastisitas Penawaran adalah kecenderungan perubahan jumlah yang ditawarkan produsen yang disebabkan oleh perubahan harga barang. Secara prinsip; pengukuran ratio perubahan yang terjadi dalam elastisitas penawaran akan sama dengan metode pengukuran dalam elastisitas permintaan.

Metode pengukuran: Elastisitas Titik dan Elastisitas Busur.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Elastisitas Penawaran;

  • Tingkat Subtitubilitas dengan produk lain.

  • Perubahan harga input.

  • Pertumbuhan modal perusahaan.

  • Kebijakan pemerintah pada perekonomian.

  • Persaingan.

  • Pertumbuhan pangsa pasar potensial.

Bentuk-bentuk kurva penawaran berkaitan dengan Elastisitas Penawaran:

Contoh aplikasi konsep Elastisitas

  1. Pergeseran beban pajak (tax incidence)

    • Permintaan inelastis, penawaran elastis  contoh menaikan pajak mie instant kpd produsen.

    • Permintaan elastis, penawaran inelastis  contoh terhadap barang kerajinan cendera mata, menaikan pajak kpd konsumen.

  1. Teori Cobweb (sarang laba-laba)

– Terjadi pada produk pertanian karena berfluktuasi pada musim ke musim; reaksi terlambat (time lag) dari produsen terhadap harga; undurable goods.

EVALUASI

Latihan:

  1. Apakah permintaan garam dapur elastis atau inelastis? Mengapa?

  1. Apakah permintaan handphone Black Berry elastis atau inelastis? Mengapa?

  1. Kasus: Apakah bila panen berlimpah petani selalu berbahagia? Misalkan, di sebuah desa kecil yang tenang dimana seluruh rakyatnya menanam padi. Fungsi penawaran padi di desa tersebut adalah : S= -200+0,5P, sedangkan fungsi permintaannya adalah D=1000– 0,25P. Jika panen berlimpah, kurva penawaran bergeser kekanan, mengikuti fungsi penawaran yang berubah, misalnya menjadi S1= -50 + 0,5P

  1. Dari ilustrasi tersebut bagaimana anda memahami pengaruh elastisitas penawaran, elastisitas pendapatan, dan elastisitas harga terhadap komoditas pertanian tersebut.

  1. Jelaskan aplikasi konsep elastisistas untuk kasus penggeseran beban pajak pada komoditas permintaan inelastis, penawaran elastic, contoh pemerintah menaikan pajak mie instant kpd produsen.



BAB V
KONSUMEN, PRODUSEN, DAN EFISIENSI PASAR

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa mampu mengevaluasi ekuilibrium pasar.

TUJUAN INSTUKSIONAL KHUSUS

1    Mahasiswa mampu menggunakan kurva permintaan untuk mengukur surplus konsumen.
  1. Mahasiswa mampu menggunakan kurva penawaran untuk mengukur surplus produsen.
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi edisiensi pasar.

RINGKASAN MATERI

5.1  Surplus Konsume
  • Surplus Konsumen adalah kesediaan konsumen membayar dikurangi jumlah yang sebenarnya dibayarkan konsumen.
  • Kesediaan membayar (willingness to pay) merupakan jumlah maksimum yang mau dibayar oleh konsumen untuk memperoleh suatu barang.
Contoh: Mengukur Surplus Konsumen untuk salah satu produk/jasa tertentu.


  • Pada panel (a) harga barangnya Rp 80rb, maka surplus konsumennya Rp20rb.

  • Pada panel (b), harga barangnya Rp70rb, surplus konsumennya Rp40rb.

Bagaimana harga yang lebih rendah meningkatkan surplus konsumen, bisa dianalisis dengan kurva di bawah ini:
  • Pada panel (a) bila harga produknya Rp 600rb, maka surplus produsennya Rp100rb.

  • Sedangkan pada panel (b) dimana harga produknya Rp800rb-an, maka surplus produsennya Rp 500rb.
Bagaimana harga yang lebih tinggi meningkatkan surplus produsen dapat dijelaskan dengan kurva berikut ini:
5.3  Efisiensi Pasar

Efisiensi: kondisi ketika suatu alokasi sumber daya dapat memaksimalkan surplus total yangditerima oleh setiap anggota masyarakat.

Surplus konsumen dan surplus produsen adalah perangkat dasar yang digunakan para ekonom untuk mempelajari kesejahteraan ekonomis para penjual dan pembeli di sebuah pasar  Efisiensi Pasar

  • Surplus konsumen = Nilai barang bagi pembeli – harga yang dibayarkan pembeli.

  • Surplus produsen = Harga yang diterima penjual – Biaya produksi yang dipikul penjual.

  • Surplus total = (Nilai barang bagi pembeli –Harga yang dibayarkan pembeli) + (Hargayang diterima penjual – Biaya produksi yang dipikul penjual).

  • Surplus total = Nilai barang bagi pembeli – Biaya produksi yang dipikul penjual.

Evaluasi Ekuilibrium Pasar
  • Surplus konsumen dan surplus produsen pada ekuilibrium pasar.

  • Ekuilibrium pasar akan memaksimalkan seluruh surplus produsen dan surplus konsumen.  terjadi Efisiensi Kuantitas Ekuilibrium

Latihan:

  1. Apa yang diukur dalam surplus konsumen?

  1. Apa yang diukur dalam surplus Produsen?

  1. Coba anda identifikasi intervensi pemerintah dalam bentuk apa saja yang akan berpengaruh menaikkan dan menurunkan tingkat surplus ekonomi.
BAB IV
PERILAKU KONSUMEN,PRODUSEN, DAN KONSEP BIAYA PRODUKSI

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa mampu menjelaskan tentang perilaku konsumen, produsen, teori biaya produksi; serta dapat menentukan nilai jual suatu produk/jasa.

TUJUAN INSTUKSIONAL KHUSUS

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang perilaku konsumen dan produsen.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Teori Biaya produksi.

  1. Mahasiswa mampu menghitung titik impas suatu hasil produksi.

  1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep marginal revenue dan marginal cost dalam menetapkan harga jual produk/jasa.

RINGKASAN MATERI

6.1 Perilaku Konsumen

  1. Pengertian-pengertian dan Asumsi dasar.

    • Barang (Commodities) diasumsikan yang mempunyai sifat makin banyak dikonsumsi makin besar manfaat yang diperoleh (good).

    • Utilitas (Utility)  manfaat yang diperoleh karena mengkonsumsi barang.

o  Total Utility (TU) manfaat total yang diperoleh

  1. Marginal Utility(MU) tambahan manfaat yang diperoleh karena menambah konsumsi sebanyak satu unit barang.
  • Hukum Penambahan Manfaat yang makin menurun (The law of diminishing Marginal Utility)  kenapa harga air lebih murah d/p berlian. Hukum ini dinamakan juga Hukum Gossen.

  • Konsistensi preferensi (Transitivity)

o  Prefer: lebih suka barang X d/p Y

  1. Konsistensi preferensi: bila X lebih disukai d/p Y, dan Y lebih disukai dari Z; maka barang X lebih disukai d/p Z.

      1. Indifference: X dan Y sama-sama disukai

    • Perfect knowledge konsumen diasumsikan memiliki pengetahuan yang sempurnaberkaitan dengan keputusan konsumsinya.

b.  Teori Kardinal

    • Kegunaan dapat dihitung secara nominal disebut util.

    • Keputusan mengkonsumsi berdasarkan perbandingan harga dengan manfaat yang diperoleh.

    • Total Utility merupakan kegunaan yang diperoleh dari konsumsi, dan Marginal Utility adalah tambahan kegunaan karena tambahan konsumsi 1 unit.

    • Total uang yang dikeluarkan adalah jumlah unit dikali harga satuan

  1. Teori Ordinal

    • Kegunaan tidak dapat dihitung dan hanya dapat dibandingkan.

    • Analisis menggunakan kurva indiferensi dan budget line

Kurva Indiferensi: adalah kurva yang menunjukkan berbagai kombinasi dari 2 macambarang yang memberi kepuasan yang sama kepada seorang konsumen. Dengan asumsi:

  • Konsumen mempunyai preferensi terhadap barang yang dinyatakan dalam peta indiferensi.

  • Konsumen memiliki uang.

  • Konsumen berusaha memaksimumkan kepuasan.


Sifat kurva Indiferensi:

1.Semakin jauh kurva indiferensi dari titik origin, semakin tinggi tingkat kepuasannya.

  1. Cembung ke titik origin.

  1. Turun dari kiri atas ke kanan bawah dan Tidak saling memotong.
Kurva Garis Anggaran : adalah kurva yang menunjukkan kombinasi 2 macam barang yangdapat diperoleh dengan pendapatan yang sama. Perubahan harga dan pendapatan akan mempengaruhi daya beli konsumen

Keseimbangan Konsumen terjadi pada saat kurva garis anggaran bersinggungan dengankurva indiferensi. Atau kepuasan tertinggi yang dapat dijangkau dengan pendapatan tertentu.

Reaksi terhadap perubahan harga barang

  • Price-Consumption Curve (PCC);

  • Demand Curve.

  • Permintaan Individu dan permintaan pasar.

Reaksi terhadap perubahan Pendapatan Nominal:

  • Income Consumption Curve (ICC);

  • Engel Curve;

Efek Substitusi dan efek Pendapatan

Jika harga suatu barang turun akan mengakibatkan 2 hal:

  1. Konsumen cenderung akan menambah pembeliaan barang yang harganya murah dan mengurangi barang yang harganya mahal (Efek substitusi)

  1. Pendapatan nyata berubah menyebabkan jumlah permintaan berubah (efek pendapatan)

Efek substitusi selalu mempunyai hubungan yang terbalik dengan perubahan harga.

Sedangkan efek pendapatan memiliki kemungkinan:

  1. kenaikan pendapatan nyata menaikkan permintaan (+)  Barang Normal

  1. kenaikan pendapatan nyata menurunkan permintaan (-) Barang Inferior

6.2 Perilaku Produsen

  • Model Produksi dengan satu faktor produksi variabel

o  Produksi Total

    1. Produksi marjinal

    1. Produksi rata-rata

    1. Tiga tahap produksi

  • Model Produksi dengan dua faktor produksi variabel

    1. Isokuan

o Isocost (Kurva anggaran Produksi) o Pola jalur ekspansi

Produksi merupakan konsep arus (flow concept), bahwa kegiatan produksi diukur dari jumlah barang-barang atau jasa yang dihasilkan dalam suatu periode waktu tertentu, sedangkan kualitas barang atau jasa yang dihasilkan tidak berubah.

Tujuan Perusahaan

  • Maksimisasi Sumberdaya (Tenaga Kerja)

  • Maksimisasi Output (Penjualan)

  • Maksimisasi Growth (Pertumbuhan)

Kategori Kegiatan Produksi:

  • Produksi sesuai pesanan (custom-order production)

  • Produksi massal yang kaku (rigid mass production)

  • Produksi massal yang fleksibel (flexible mass production

  • Proses atau aliran produksi (process or flow production)

Model Produksi dengan satu faktor produksi variable

  • Fungsi Produksi Total (Total Product): TP

o  TP ↔ Q = f(L, K); L = tenaga kerja; K = Modal

  • Produksi rata-rata (Average Product): AP o APL = TP/L atau APK = TP/K

  • Produksi Marjinal (Marginal Product): MP o MPL = ∆TP/∆LatauMPK = ∆TP/∆K

The Law of Diminishing Return

Hukum yang menyatakan berkurangnya tambahan output dari penambahan satu unit input variabel, terjadi pada saat output telah mencapai maksimum.

  • Asumsi yang berlaku:

    1. Hanya ada satu unit input variabel, input yang lain tetap.

    1. Teknologi yang digunakan dalam proses produksi tidak berubah.

Sifat koefisien produksi adalah berubah-ubah.       

Model Produksi dengan dua faktor produksi variable

Kurva Isoquant: adalah Kurva yang menghubungkan titik-titik kombinasi input yang menghasilkan tingkat output yang sama.

Marjinal Rate of Technical Substitution (MRTS)

  • Jumlah input L yang dapat disubstitusikan terhadap input K agar tingkat output yang dihasilkan tidak berubah.

  • Menunjukkan tingkat penggantian marjinal yang semakin kecil sepanjang pergerakan ke bawah kurva isoquant.

Kendala Anggaran Produsen (Kurva Isocost)
Isocost adalah anggaran tertinggi yang mampu disediakan produsen untuk membeli inputyang digunakan dalam proses produksi dihubungkan dengan harga input.

PKK + PLL ≤C


Kombinasi Input Variabel Biaya Terendah (Least Cost Combination) terjadi pada titik singgung antara kurva isoquant dengan kurva isocost

Secara matematis:

MRTSLK = - MPL/MPK

Kondisi penggunaan input variabel yang dapat meminimumkan biaya:

MRTSLK = - MPL/MPK = dK/dL



6.3  Konsep Biaya Produksi

Konsep Biaya Explisit dan Implisit

  • Biaya eksplisit = biaya yang terlihat jelas seperti pada laporan keuangan.

  • Biaya implisit = biaya kesempatan (opportunity cost)

Produksi, Produktivitas dan Biaya

Tingkat produksi berkaitan dengan tingkat produktivitas faktor-faktor produksi yang digunakan. Produktivitas yang tinggi menyebabkan tingkat produksi yang sama dapat dicapai dengan biaya yang lebih rendah.
Konsep Biaya Produksi Jangka Pendek

  • Biaya Total (Total Cost) merupakan jumlah dari biaya tetap dan biaya variabel.

  • Biaya Tetap (Fixed Cost) adalah biaya yang besarnya tidak tergantung dari jumlah produksi (misal: biaya modal, gaji, sewa gedung, dll)

  • Biaya Variabel (Variable Cost) adalah biaya yang besarnya tergantung dari tingkat produksi (misal: biaya bahan baku, upah buruh, dll)

Total Cost = Fixed Cost + Total Variable Cost

TC = FC + TVC
Kurva Biaya Total, Biaya Tetap dan Biaya Variabel.

    Biaya Rata-rata (Average Cost)

AC  =  AFC + AVC

TC/Q = FC/Q + TVC/Q

    Biaya Marginal (Marginal Cost)

MC = dTC/dQ.
Biaya Produksi Jangka Panjang (Longrun Cost)

Dalam jangka panjang semua biaya adalah variabel.

LTC = LVC

LMC = dLTC/dQ

LAC= LTC/Q

Kurva Biaya rata-rata jangka panjang:Teorema Amplop (Envelope Theorem)

o  SAC1 = kurva biaya rata-rata jangka pendek pada skala kecil.

o SAC2 = kurva biaya rata-rata jangka pendek pada skala menengah. o SAC3 = kurva biaya rata-rata jangka pendek pada skala besar.
Memaksimumkan Laba

Pendapatan (Revenue)

  • TR = Total Revenue = [Price x Quantity)

  • MR = Marginal Revenue (tambahan penerimaan akibat bertambahnya penjualan 1 unit) atau (turunan pertama dari TR).

  • AR = Average Revenue (rata-rata pendapatan) = TR/Q
Titik Impas (BEP)
Jika biaya variabel per unit adalah v, maka VC = v.Q

Profit = PQ – ( FC+vQ )

Pada Quantity = Q*
Profit = PQ*-(FC+vQ*)

BEP tercapai pada saat profit=0

Maka: Q* = FC/(P-v)

EVALUASI
Latihan:

  1. Mengapa air yang sangat penting bagi kehidupan, sangat murah, sementara berlian yang kurang penting bagi kehidupan sangat mahal?

  1. Pertanyaan benar atau salah:

    1. Biaya implisit adalah biaya-biaya factor produksi yang dimiliki oleh perusahaan yang bersangkutan.

    1. Hukum tambahan hasil yang semakin berkurang berlaku pada periode jangkapendek maupun jangka panjang.

    1. TFC adalah konstan, terlepas dari tingkat output perusahaan.

    1. TC adalah nol ketika perusahaan tersebut tidak memproduksi output apapun.

    1. Biaya yang semakin menurun menunjukkan situasi di mana output meningkat melebihi proporsi peningkatan input.

  1. Sebuah perusahaan menghadapi kurva permintaan Q = 100 – 2P. Biaya marginal dan biaya rata-rata adalah konstan = 10 per unit








































BAB VII
STRUKTUR PASAR
TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

Setelah mempelajari materi ini mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem pasar persaingan sempurna, sistem pasar monopoli, sistem pasar oligopoli.

TUJUAN INSTUKSIONAL KHUSUS

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem pasar dan persaingan .

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem pasar persaingan sempurna.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem pasar monopoli.

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sistem pasar oligopoli.

RINGKASAN MATERI
7.1  Struktur Pasar

Secara teoritis ada dua kondisi ekstrim posisi perusahaan dalam pasar. Pertama perusahaan berada dalam pasar persaingan sempurna, di mana jumlah perusahaan begitu banyak dan kemampuan setiap perusahaan sangat kecil untuk mempengaruhi harga pasar. Kedua adalah perusahaan hanya satu-satunya produsen (monopoli). Dlam posisi ini perusahaan mampu mempengaruhi harga dan jumlah output dalam pasar.

Namun kondisi ekstrim tersebut jarang sekali terjadi. Yang pada umumnya adalah dua kondisi peralihan antara ekstrim pasar persaingan sempurna dan monopoli. Kondisi pertama adalah perusahaan bersaing, tetapi masing-masing mempunyai daya monopoli terbatas (monopolistik). Kondisi kedua adalah dalam pasar hanya ada beberapa produsen yang jika bekerja sama mampu menghasilkan daya monopoli (oligopoli).
7.2  Pasar Persaingan Sempurna

Sebuah industri dikatakan bersaing sempurna jika mempunyai karakteristik:

  1. Small Relatively Output -- Industri tersebut terdiri dari banyak sekali penjual independendari sebuah komoditi, yang masing-masingnya terlalu kecil untuk mempengaruhi harga komoditas tersebut.

  1. Homogeneous produc t-- Semua perusahaan didalam industri tersebut menjual produkyang homogeny (identik)

  1. Perfect Knowledge dan Free entry and exit -- Terdapat mobilitas sempurna sumber-sumber daya, sehingga berbagai perusahaan dapat masuk atau keluar industri ini dalam jangka panjang tanpa mengalami kesulitan berarti.

  1. Price Taker -- Akibatnya perusahaan kompetitif sempurna merupakan “penerima harga”dan dapat menjual komoditas tersebut dalam jumlah berapapun pada harga pasar yang ada.

Permintaan dan Penerimaan dalam Pasar Persaingan Sempurna

  • Tingkat harga ditentukan oleh permintan dan penawaran

  • Perusahaan secara individu harus menerima harga tersebut sebagai harga jual

  • Jumlah output perusahaan relatif sangat kecil dibanding output pasar,berapapun yang dijual perusahaan harga relatif tidak berubah
  • Karena harga telah ditetapkan maka average revenue AR dan Marginal Revenue MR adalah sama dengan harga P
7.3 Pasar Monopoli

Faktor-faktor penyebab tebentuknya Monopoli

  1. Hambatan Teknis

    • Special knowledge

    • Tingginya tingkat efisiensi (rendahnya MC dan AC)

    • Memiliki kemampuan kontrol sumber daya faktor produksi

  1. Hambatan Legalitas

    • Undang-undang dan Hak Khusus

    • Hak Paten atau Hak Cipta
Diskriminasi Harga

Kebijakan diskriminasi harga adalah menjual produk yang sama dengan harga yang berbeda pada pasar yang berbeda dengan tujuan menambah laba melalui eksploitasi surplus konsumen.

Syarat diskriminasi harga :

  • Perusahaan memiliki daya monopoli

  • Pasar dapat dibagi menjadi 2 kelompok atau lebih yang elastisitas permintaannya berbeda

  • Pembagian pasar harus efektif

  • MR di tiap pasar adalah sama agar menghasilkan laba maksimum
Keseimbangan Perusahaan dalam Kebijakan diskriminasi Harga.

  1. Tanpa melakukan diskriminasi harga, keseimbangan tercapai pada saat output = Qt dan harga = Pt. --- maka Laba maksimum = seluas bidang APtBC.

  1. Dengan diskriminasi harga, keseimbangan tercapai bila setiap pasar, MR-nya sama dengan MC  MRa = MRb = MC.

    1. Keseimbangan di pasar A  output = Qa; harga jual = Pa; Laba Maksimum = seluas bidang EPaFG

    1. Keseimbangan di pasar B  output = Qb; harga jual = Pb; Laba Maksimum = seluas bidang HPbIJ

  1. Dengan diskriminasi harga, output total yang terjual (Qt) sama dengan Qa+Qb;

    1. [Laba maksimum-a + Laba maksimum-b] > Laba Maksimum-t ;

    1. surplus konsumen kelompok b tinggal sebesar luas KPbI;

    1. Seluas PbLMI merupakan surplus konsumen (yang permintaannnya elastis) yang dieksploitasi menjadi laba perusahaan;

    1. luas segitiga IMN merupakan kesejahteraan konsumen yang hilang.

  1. Kurva permintaan di Pasar kelompok a lebih elastis  Pa < Pb

Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen (dead weight loss).

Memburuknya kondisi perekonomian Internasional.

Aspek Positif Monopoli
Efisiensi dan pertumbuhan ekonomi: karena laba maksimal. Efisiensi Pengadaan Barang Publik: karena skala usaha yang besar.

Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat: dalam diskriminasi harga memungkinkan masyarakat dapat menjangkau harga sesuai kemampuan.
7.4  Pasar Persaingan Monopolistis

  • Adalah struktur pasar di mana terdapat cukup banyak perusahaan yang menjual produk-produk yang mirip satu sama lain, namun tidak identik.

  • Teori pasar persaingan monopolistik dikembangkan karena ketidakpuasan terhadap daya analisis model persaingan sempurna maupun monopoli.

  • Model ini dikembangkan oleh Joan Robinson (ekonom Inggris) dan Edward Chamberlain (ekonom USA).

  • Struktur pasar hampir sama dengan persaingan sempurna, namun produk yang dihasilkan tidak homogen, melainkan terdiferensiasi

  • Diferensiasi ini mendorong perusahaan untuk melakukan persaingan non harga.

  • Output yang dihasilkan sangat mungkin saling menjadi substitusi

Karakteristik pasar persaingan monopolistik

  1. Produk terdiferensiasi

  1. Jumlah perusahaan banyak dalam industri

  1. Bebas masuk dan keluar pasar

  1. Produk yang terdiferensiasi

    • Produk dapat dibedakan oleh konsumen dengan melihat siapa produsennya.

    • Barang-barang tersebut dapat diperbedakan oleh kualitas barangnya, model, bentuk, warna, bahkan oleh kemasan, merek,dan pelayanannya.

    Konsumen dapat membedakan produk tertentu kesukaannya dari produk perusahaan lainnya. Hal ini menyebabkan perusahaan memiliki daya monopoli, walau terbatas.

  • Diantara produk-produk dapat salingmenjadi subtitusi.

  • Persaingan monopolistik berada diantara pasar persaingan sempurna dan monopoli.
  1. Jumlah perusahaan banyak dalam industri

    • Contohnya dapat dilihat dengan begitu banyaknya merek pakaian dan sepatu
    • Keputusan perusahaan tentang harga dan output tidak perlu harus memperhitungkan reaksi perusahaan lain dalam industri, karena setiap perusahaan menghadapi kurva permintaannya masing-masing.

  1. Bebas masuk dan keluar pasar

    • Laba super normal akan mengundang perusahaan baru untuk memasuki industri.

    • Bagi perusahaan eksisting bila tidak mampu bersaing maka lebih baik keluar agar kerugian tidak menjadi lebih besar.

Keseimbangan perusahaan dalam jangka pendek

  • Perusahaan mencapai keseimbangan dalam jangka pendek dan panjang.

  • Dalam jangka pendek perusahaan dapat menikmati laba super normal, dalam jangka panjang perusahaan hanya menikmati laba normal.

  • Keseimbangan jangka pendek perusahaan tercapai bila MR=MC. Karena memiliki daya monopoli, walau terbatas.

  • P > MC ; tetapi kemampuan eksploitasi laba relatif terbatas, karena kurva permintaan yang dihadapi sangat landai.

Keseimbangan perusahaan dalam jangka panjang

  • Dibandingkan pasar monopoli, persaingan monopolistik masih lebih baik dilihat dari lebih kecilnya total kesejahteraan yang hilang (dead weight loss)

  • Dibanding pasar persaingan sempurna, persaingan monopolistik masih kurang efisien.

Penyebabnya:

  1. Harga jual masih lebih besar dari biaya marginal (P>MC)

  1. Dalam jangka panjang mengalami kelebihan kapasitas (Excess capacity), dapat dijelaskan dengan kurva berikut ini:
  • Pada saat keseimbangan jangka panjang (titik A), perusahaan tidak berproduksi pada tingkat paling efisien, sebab titik A bukan titik terendah pada AC.

  • Pada saat AC terendah output harus ditambah menjadi Qb.

  • Jika output melebihi Qa,  menurunkan laba (bahkan rugi karena MC>MR)
Pengaturan pasar persaingan monopolistik

Ketidakefisienan yang dihasilkan perusahaan yang beroperasi dalam pasar persaingan monopolistik tidak perlu pengaturan, karena:

  1. Daya monopoli yang relatif kecil menyebabkan kesejahteraan yang hilang relatifkecil.

  1. Permintaan yang sangat elastis menyebabkan kelebihan kapasitas produksi relatif kecil.

  1. Ketidak efisienan yang dihasilkan perusahaan diimbangi dengan kenikmatan konsumen karena beragamnya produk, peningkatan kualitas, dan meningkatnya kebebasan konsumen dalam memilih output.

  1. Pasar Oligopoli

Adalah struktur pasar di mana hanya terdapat beberapa atau sedikit perusahaan saja yang menjual produk-produk yang identik atau yang mirip satu sama lain. Struktur pasar atau industri oligopoli adalah pasar (industri) yang terdiri dari hanya sedikit perusahaan (produsen) di mana:

  • Setiap perusahaan memiliki kekuatan cukup besar untuk mempengaruhi harga pasar.

  • Perilaku setiap perusahaan akan mempengaruhi perilaku perusahaan lainnya dalam industri.

  • Kondisi pasar oligopoli mendekati kondisi pasar monopoli.

Karakteristik pasar Oligopoli

  • Hanya sedikit perusahaan dalam industri.

  • Produknya homogen atau terdiferensiasi.

  • Pengambilan keputusan yang saling mempengaruhi.

  • Kompetisi non harga.

  1. Hanya sedikit perusahaan dalam industri.

    • Biasanya jumlah perusahaan diasumsikan kurang dari sepuluh.

    • Kekuatan perusahaan-perusahaan dalam industri dapat diukur dengan menghitung rasio konsentrasi, yaitu berapa persen output dalam pasar oligopoli dikuasai oleh perusahaan yang dominan.

    • Pasar suatu industri dikatakan berstruktur oligopolistik apabila CR4 (four firmsconcentration ratio) melebihi 40%.

        • Jika CR8 = 80%, berarti 80% penjualan output dalam industri dikuasai oleh delapan perusahaan terbesar.

  1. Produknya homogen atau terdiferensiasi.

      • Bentuk persaingan antar perusahaan adalah persaingan harga dan non harga.
    • Contoh pasar oligopoli yang menghasilkan produk diferensiasi: industri mobil, rokok, film kamera.

    • Oligopoli yang menghasilkan produk homogen: industri baja, pipa paralon, seng, dan kertas.

    • Semakin besar tingkat diferensiasinya, perusahaan makin tidak tergantung pada perusahaan-perusahaan lainnya

  1. Pengambilan keputusan yang saling mempengaruhi.

      • Keputusan perusahaan dalam menentukan harga dan jumlah output akan mempengaruhi perusahaan lainnya, baik yang sudah ada (existing firms) maupun yang diluar industri (potential firms).

  1. Kompetisi non harga.

      • Bentuk kompetisi pelayanan purna jual serta iklan (informasi, citra yang baik, merek, mempengaruhi perilaku konsumen)

Faktor penyebab terbentuknya pasar Oligopoli

  1. Efisiensi skala besar.

    • Teknologi padat modal (capital intensive) yang dibutuhkan dalam proses produksi menyebabkan efisiensi (biaya rata-rata minimum) baru tercapai bila output yang diproduksi dalam skala sangat besar. (industri mobil, semen, kertas, pupuk, peralatan mesin).

  1. Kompleksitas Manajemen.

    • Karena kompetisinya harga dan non harga, Kemampuan keuangan yang besar saja tidak cukup sebagai modal untuk bertahan dalam industri. Perusahaan harus mempunyai kemampuan manajemen yang sangat baik agar mampu bertahan dalam struktur industri yang persaingannya begitu kompleks.

Duopoli (Oligopoli yang hanya ada dua perusahaan)

Duopoli adalah keadaan khusus di mana dalam pasar oligopoly hanya ada dua perusahaan. Model ini dikembangkan untuk melihat lebih tajam interaksi antar perusahaan dalam pasar oligopoly.

a.  Model Cournot

  • Model ini dikembangkan oleh Augustin Cournot (1938)

  • Masing-masing duopolis mempunyai daya monopoli yang sama

  • Keputusan jumlah output yang diproduksi berdasarkan asumsi bahwa output duopolis yang satu (saingannya) sudah diputuskan dan tidak akan berubah.
Misal permintaan pasar: Q=30-P Atau P=30-Q; di mana Q=Qa+Qb Maka:

TRa= P x Qa =(30-Q)xQa ={(30-(qa+Qb)} x Qa = 30Qa - Qa2 – QaQb

Laba maks tercapai bila MR=0 MR= 30-2Qa-Qb=0

Qa = 15–0,5Qb

Dengan cara sama: Qb =15–0,5Qa



b.  Model kepemimpinan Stackelberg

  • Pada model cournot mengasumsikan bahwa keputusan dua perusahaan dilakukan secara bersamaan sedang pada model ini ada perusahaan yang mengambil inisiatif terlebih dahulu, kemudian perusahaan kedua mengikutinya.

  • Dari contoh sebelumnya P=30-Q dimana kurva reaksi perusahaan B: Qb=15 - 0.5Qa. Maka untuk mencapai laba maksimum, fungsi penerimaan perusahaan A memperhitungkan reaksi perusahaan B.

TRa={(30-(qa+Qb)} x Qa

    • 30Qa - Q2a – QaQb = 30Qa - Q2a -15Qa+0.5Q2a

  • 15Qa+0.5Q2a

MRa = dTRa/dQa = 15-Qa

Laba maksimum bila MR=0  Perusahaan A memproduksi 15 unit, sedangkan perusahaan B memproduksi 7,5 unit. Jadi perusahaan yang mengambil inisiatif penentuan harga memperoleh laba lebih besar dari pada follower.
c.  Teori permainan (Game theory)

Duopolis tidak selalu mengambil keputusan kompetitif, tetapi juga kerjasama (cooperatif)

Model dilema tahanan (Prisoners’ Dilemma Model)

  • Model ini menjelaskan bagaimana sikap seseorang mengambil keputusan dalam keadaan tidak dapat berkomunikasi dengan teman atau lawannya.

  • Model dilema tahanan dapat diadaptasi untuk menganalisis keputusan masing-masing duopolis dalam menentukan harga jual.

Contoh dilema tahanan:

  • dalam permainan dua penjahat yang tengah dicurigai telah melakukan kejahatan.

  • hukuman yang diterima masing-masing ditentukan oleh keputusan masing-masing untuk mengaku atau tetap tutup mulut
Dalam sebuah permainan oligipoli, penjualan yang dapat diraih oleh salah satu pihak ditentukan oleh keputusan harganya sendiri dan juga oleh keputusan harga oligopolis lain.
Contoh lain dilema tahanan

  • Perlombaan senjata Amerika Serikat vs Rusia  terancam, terancam dan lemah, aman dan kuat, aman.

  • Permainan iklan atau tidak beriklan 2 produk rokok  laba cukup kecil, laba kecil-besar, laba besar-kecil, laba cukup besar







EVALUASI
Latihan:

  1. Simulasi Persaingan Sempurna.

Lengkapi tabel dibawah ini ! Apa yang dapat anda simpulkan dari tabel tersebut.















  1. Sebuah perusahaan monopoli menghadapi permintaan: Q=20-2P di mana Q adalah jumlah barang yang diminta (unit). Monopolis memiliki biaya rata-rata konstan 4 per unit.

Pertanyaan:

    1. Dari informasi diatas, turunkan persamaan penerimaaan rata-rata (AR), penerimaan marginal (MR), dan biaya marginal (MC).

    1. Berapa jumlah output yang harus diproduksi dan harga jual per unit untuk mencapai laba maksimum? Hitung besarnya laba maksimum tersebut!.

    1. Berapa selisih harga dan output yang dihasilkan perusahaan dibandingkan dengan harga dan output bila perusahaan beroperasi pada pasar persaingan sempurna?

    1. Gambarkan jawaban dengan menggunakan diagram





BAB VIII
PENGERTIAN, KONSEP, MANFAAT, DAN PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL
8.1 Pengertian Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional merupakan seluruh pendapatan yang diterima oleh seluruh anggota masyarakat atau seluruh rumah tangga keluarga (RTK) dalam suatu negara dalam kurun waktu tertentu, biasanya dalam waktu satu tahun.
Pendapatan nasional dapat juga diartikan sebagai produksi nasional, yang berarti nilai hasil produksi yang dihasilkan oleh seluruh anggota masyarakat suatu negara dalam waktu tertentu, biasanya satu tahun.

8.2 Konsep Pendapatan Nasional

1. Produk Domestik Bruto (GDP)

Produk domestik bruto (Gross Domestic Product) merupakan jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu negara atau domestik selama satu tahun.

GDP = Pendapatan Masyarakat DN (dalam negeri) + Pendapatan Asing DN

Dalam perhitungan GDP ini, termasuk juga barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan maupun instansi asing yang terkait, asalkan wilayah nya masih dalam wilayah suatu negara atau domestik tersebut. Contohnya seperti perusahaan X dari Jepang, yang mempunyai cabang di Indonesia, hasil berupa barang dan jasa tersebut termasuk kedalam GDP. Barang yang dihasilkan termasuk modal yang belum diperhitungkan, makanya bersifat bruto atau/kotor.

2. Produk Nasional Bruto (GNP)

Produk Nasional Bruto (Gross National Product) merupakan nilai produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara (nasional) selama satu tahun, termasuk yang dihasilkan oleh warga negara tersebut yang dihasilkan diluar negeri. Contohnya seperti seseorang pria dari Indonesia yang menjual pakaian di Malaisya, hasil berupa barang dan jasanya termasuk dalam GNP.

GNP = Pendapatan WNI DN + Pendapatan WNI LN (luar negeri) – Pendapatan Asing DN

3. Produk Nasional Netto (NNP)

NNP = GNP – depresiasi (penyusutan barang modal)

Penyusutan adalah penggantian barang modal bagi peralatan produksi yang dipakai dalam proses produksi umumnya bersifat taksiran, sehingga dapat menimbulkan kekeliruan meskipun relatif kecil.

4. Pendapatan Nasional Neto (NNI)

Pendapatan Nasional Neto (Net National Income) merupakan pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi.

NNI = NNP – Pajak Tidak Langsung

Pajak tidak langsung adalah pajak yang bebannya dapat dialihkan kepada pihak lain seperti pajak hadiah, pajak penjualan, dll.

5. Pendapatan Perseorangan (PI)

Pendapatan perseorangan (Personal Income) adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam masyarakat , temasuk pendapatan yang diperoleh tanpa melakukan kegiatan apapun. Misalnya gaji seorang pegawai negeri, maupun pendapatan pengusaha yang didapatkan secara berantai.

PI = NNI – Pajak Perusahaan – Iuran – Laba Ditahan + Transfer Payment

Transfer Payment adalah penerimaan-penerimaan yang bukan merupakan balas jasa produksi, melainkan diambil sebagian dari pendapatan nasional tahun lalu. Seperti pembayaran dana pensiunan, tunjangan pengangguran, dan sebagainya.

6. Pendapatan yang siap dibelanjakan

Disebut juga dengan Disposible Income yaitu pendapatan yang siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi.

DI = PI – Pajak Langsung

Pajak langsung adalah pajak yang bebannya tidak dapat dialihkan kepada pihak lain, seperti pajak pendapatan.







8.3 Manfaat Pendapatan Nasional

1. Menilai perkembangan ekonomi suatu negara dari waktu ke waktu

Dari sini kita dapat membandingkan peranan suatu pemimpin atau penggerak ekonomi bangsa, juga untuk mengetahui kelemahan atau kesalahan yang pernah terjadi dari segi ekonomi untuk dikoreksi di masa selanjutnya.

2. Menilai prestasi ekonomi suatu bangsa

Pendapatan nasional menjadi tolak ukur kesuksesan dan kemakmuran suatu bangsa. Yang menjadi penghargaan ketika pendapatan nasional suatu negara itu tinggi.

3. Membandingkan perekonomian dengan negara lain

Di samping mencari celah untuk meningkatkan perekonomian negara sendiri, membandingkan perekonomian dengan negara lain juga merupakan suatu kebanggaan tersendiri ketika perekonomian di negara sendiri mempunyai peringkat yang lebih tinggi.

4. Menerangkan struktur perekonomian negara

Jenis-jenis pendapatan nasional dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui dimana kelemahan perekonomian yang perlu di evaluasi. Hal ini juga dapat menyatakan persentase pendapatan nasional berdasarkan jenis pendapatan (income) maupun produksi (product)

5. Mengetahui pertumbuhan ekonomi dan pendapatan perkapita

Pentingnya melakukan evaluasi terhadap perekonomian negara agar perekonomian mengalami peningkatan setiap tahunnya.

6. Dapat membantu merumuskan kebijakan pemerintah

Pentingnya elemen-elemen yang melakukan pergerakan dari bawah, untuk menyadarkan pemerintah seberapa pentingnya perekonomian suatu negara. Masyarakat dapat beropini, memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas perekonomian.

8.4 Perhitungan Pendapatan Nasional

1. Metode Produksi
Pedapatan nasional merupakan penjumlahan dari seluruh nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh sektor ekonomi baik masyarakat didalam negeri maupun dari luar negeri dalam periode tertentu.

Y = [(Q1 x P1) + (Q2 x P2) + (Qn x Pn) ...]

2. Metode Pendapatan

Pendapatan nasional merupakan hasil dari seluruh penerimaan yang diterima oleh pemilik faktor produksi dalam suatu negara selama satu periode.
Rumus yang dapat dipakai adalah:

Y = r + w + i + p
(rent, wage, interest, profit)

3. Metode Pengeluaran

Pendapatan nasional merupakan penjumlahan dari seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh seluruh rumah tangga ekonomi suatu Negara selama satu tahun.
Y = C + I + G (X - M)

Komentar